Keamanan Di iOS 7 Akan Diperbaiki

Diluncurkannya sistem pengoperasian terbaru Apple, iOS 7, menyisakan pertanyaan. Bagaimana menjamin keamanan dari ancaman terhadap file pribadi penggunanya, seperti e-mail, foto, akun Twitter, dan aplikasi lainnya?

Kode untuk mengunci layar pada perangkat berbasis iOS 7 , masih rentan terhadap adanya akses masuk ke aplikasi di iPhone dan iPad. Kode dapat sewaktu-waktu dicuri untuk membuka pengunci layar.

Cara praktis menyelinap pertama kali ditemukan oleh seorang tentara yang tinggal di Kepulauan Canary, Spanyol, Jose Rodriguez, 36 tahun. Dia melakukan eksperimen di sistem keamanan iOS 7.

Pertama, dia men-swipe fitur pengunci di layar perangkat, kemudian masuk ke Control Center, lalu buka aplikasi alarm jam. Selanjutnya, tekan tombol sleep, pilih menu cancel, tekan tombol laman utama sebanyak dua kali.

Dengan cara tersebut, Anda bisa langsung mengakses fitur kamera dan membagi file foto. File dapat dibagi melalui surat elektronik, Flickr, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Rodriguez rupanya berbakat menguji coba sistem keamanan ponsel cerdas. Awal tahun ini, dia menemukan fakta mengenai rentannya sistem penguncian layar di iOS 6.1.3, dan di versi berta iOS 7.

Banyak pihak memuji langkahnya dalam membobol sistem pengoperasian tersebut. Namun Rodriguez mengatakan, apa yang dilakukannya bukan bermaksud membobol sistem kemanan, melainkan hanya sebuah uji coba.

Eksperimen tersebut bisa diuji melalui sistem pengoperasian iOS 7, lewat perangkat iPhone 4S, 5, 5C, dan 5S, serta seri terbaru iPad. Namun hingga kini, Apple menolak berkomentar mengenai percobaan tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat ini menegaskan keseriusannya menggarap sistem kemanan di iOS 7. "Kami menanggapi serius perihal permintaan keamanan, dan akan selalu memperbarui perangkat lunak," kata juru bicara Apple kepada Forbes.

0 comments:

Post a Comment